Selasa, 01 Desember 2009

Facebook

Tulisan ini sebenarnya telah dibuat beberapa bulan yang lalu, tapi entah mengapa, baru sekarang di posting. Lagi pula nggak penting juga koq, jadi kalo mo baca monggo, kalo nggak ya ngga apa2...tapi mosok sudah sampai di sini terus berhenti, mending tuntaskan aja skalian, iya kan...hehehe....
Isinya begini:............
Sekian bulan yang lalu seorang teman mengajak bergabung di Facebook, katanya ini adalah situs pertemanan yang banyak manfaatnya. Beberapa waktu sebelumnya, kata Facebook pertama kali saya kenal ketika kampanye kepresidenan Obama sedang gencar. Maklum saja FB ini menjadi salah satu media kampanyenya. Di lain waktu saya membaca artikel tentang FB. Seorang mahasiswa tingkat awal membuat situs jejaring sosial untuk rekan-rekannya. Tetapi kemudian situs ini berkembang menjadi seperti apa yang kita saksikan dan manfaatkan sekarang ini.
Singkat cerita saya telah bergabung dengan FB ini selama beberapa waktu. Bahagia rasanya bertemu rekan-rekan yang sudah sekian lama tak ketahuan jejaknya, teman pondokan, teman kost (emang beda???) teman serumah, teman kuliah, teman sekolah, de el el. Tiba-tiba saja semua bermunculan di FB. Jadilah suasana hangat yang pernah direnda sekian tahun yang lalu kembali terjalin. Banyak pula adik-adik mahasiswa (saya juga mahasiswa lho!!!??) yang ngajak berteman. Namanya anak muda, mereka jauh lebih dinamis. Ada-ada saja yang mereka tulis. Meskipun saya tidak pandai membuat komentar di wall, tetapi belakangan ini saya lebih sering tersenyum sendiri (mulai setress kali ya) di depan komputer membaca komentar mereka tiap kali membuka FB. Lainnya lagi, ada yang ngajak bisnis, wah luar biasa, lewat FB kita bisa memperbesar peluang mencari rezki. Sayangnya saya (merasa) tidak bakat bisnis, so belum berhasil…...tetap semangat.
Yang agak spesifik, kemarin sore saya diconfirm oleh seorang Professor dari University Sains Malaysia. Dua tahun lalu saya hampir menjadi mahasiswa PhD beliau di USM, tetapi kemudian batal karena saya mundur dengan alasan pribadi. Agak heran juga, koq tiba-tiba diconfirm. Usut punya usut, ternyata waktu pertama kali buat FB dulu, secara tidak sengaja saya mengundang semua yang ada dalam address mail sebagai teman, jadilah semuanya terundang (jadi malu deh). Tapi ternyata gaptek membawa hikmah. Silaturahmi kembali terjalin dengan P Professor. Setidaknya saya bisa diskusi tentang riset yang sedang dikerjakan beliau yang kebetulan sangat berhubungan dengan yang sedang saya kerjakan.
Singkat cerita, selain bikin habis waktu, FB ini ternyata banyak manfaatnya. Nah sebagai warga yang menjunjung tinggi budaya bangsa, kita patut berterima kasih kepada pembuat situs ini. Sekalipun sebenarnya dia tidak butuh. Toh dia sudah menjadi sangat kaya atas karyanya ini.
Andai saja ia tahu, ada cara sehingga ia dapat memperoleh amal jariyah dari hasil karyanya ini, mungkin ia akan tertarik dan lebih senang lagi. Wallahu Alam….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar